Free YouTube Subscribers

Riyadhus Shalihin, Kitab Hadits tentang Adab dan Etika

Riyadhus Shalihin, Kitab Hadits tentang Adab dan Etika
Riyadhus Shalihin, Kitab Hadits tentang Adab dan Etika

PROFIL KITAB RIYADUSH SHOLIHIN

    Riyadhus Shalihin adalah nama salah satu kitab kumpulan hadis Nabi Muhammad S.A.W yang berarti taman orang-orang shalih, yang disusun oleh Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawy (Imam Nawawi).

    Riyadhus Shalihin dimaksudkan untuk mengumpulkan hadis-hadis yang sahih, yang dapat menjadi perintis jalan menuju akhirat; tuntunan adab lahir dan batin; menghimpun anjuran dan ancaman, latihan jiwa, didikan akhlak, obat hati, pemeliharaan badan dan lain-lain.

    Pada kitab ini hadis-hadis dikelompokkan ke dalam bab-bab berdasarkan tema utama, misalnya akhlak (ikhlas, sabar, takwa, tawakal, hubungan sosial, dst.); adab sopan santun (malu, menjaga rahasia, menepati janji, menghormati tamu, tata tertib makan, adab berpakaian, mengucapkan salam); adab terkait orang sakit dan orang yang meninggal; keutamaan membaca Al-Qur'an; keutamaan-keutamaan terkait berbagai macam salat dan puasa; jihad; dzikir dan doa; serta larangan-larangan terkait ibadah, muamalah, dan kebiasaan-kebiasaan hidup yang tertentu.

    Kajian hadits di Indonesia banyak ditemui di banyak masjid dan majelis taklim. Biasanya, bentuk pembahasan hadits yang diajarkan oleh para ustadz adalah model tematik hadits, yaitu dengan memilih tema-tema tertentu yang berisi beberapa hadits, di mana satu hadits dengan yang lainnya saling melengkapi. Di antara modul yang sering digunakan dalam kajian hadits adalah kitab Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi. Nama lengkap kitab ini adalah Riyadhus Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin. Para ulama, ada yang mengkategorikannya sebagai kitab hadits sebab isinya didominasi oleh hadits. Ada juga yang memasukkannya dalam kategori kitab tasawuf sebab coraknya yang bernuansa sufi dilihat dari tema-tema yang dibahas di dalamnya. Profil penulisnya tidak asing lagi, yaitu Imam an-Nawawi yang memiliki nama lengkap Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf. Kerap disebut al-Nawawi karena dinisbatkan kepada tempat kelahirannya, yaitu Nawa, sebuah negeri yang masuk dalam kawasan Syam.


PROFIL IMAM NAWAWI

  • Nama: Imam Nawawi
  • Nama lengkap: Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi Ad-Dimasyqi (محيي الدين أبي زكريا يحي بن شرف النووي الدمشقي)
  • Tgl lahir: Muharam 631 H/ Oktober 1233 M
  • Tempat: Nawa, Suriah
  • Wafat: 24 Rajab 676 H/ 21 Desember 1277 M (usia 45)
  • Makam: Nawa, Suriah
  • Keahlian: ahli fikih, ahli hadits, historiografer, bibliografer.
  • Aliran: Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja)
  • Madzhab Fikih: Madzhab Syafi'i
  • Madzhab akidah: Asy'ariyah.

    An-Nawawi lahir di desa tersebut pada Muharram 631 hijriah. Ia terkenal cerdas sejak kecil karena kegigihannya dalam belajar, banyak waktunya digunakan untuk membaca Al-Qur'an dan mendalami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

    Pada tahun 676 Hijriah, an-Nawawi kembali ke Nawa pasca mengembalikan buku yang dipijnjamnya dari badan wakaf. Selepasnya pulang, an-Nawawi jatuh sakit dan wafat pada 24 Rajab. Umat Islam berbondong-bondong menyalatinya, termasuk para murid dan gurunya. Kitab Riyadush Shalihin sendiri disusun dengan tema-tema seputar akhlak atau dapat juga disebut tasawuf. Kitab ini diawali dengan mukadimah yang singkat dan di dalamnya terdapat tujuan terkait penyusunan karya ini yakni agar menjadi pedoman bagi mereka yang ingin mendekatkan dirinya kepada Allah.


 

DOWNLOAD TERJEMAH KITAB RIYADUSH SHOLIHIN


DOWNLOAD KITAB RIYADHUSH SHOLIHIN VERSI ARAB

Post a Comment

0 Comments