Free YouTube Subscribers

Tutorial Bagaimana Cara Menginstal Windows 10 di Komputer

Ingin menginstal versi baru Windows 10 di PC Anda? Jika Anda menggunakan sistem operasi lain atau mengatur PC baru, Anda dapat dengan mudah menginstal Windows 10 dari disk instalasi atau USB flash drive. Memperbarui dari versi sebelumnya seperti Windows 7 atau 8.1 bahkan lebih mudah—tidak memerlukan flash drive atau DVD! Artikel wikiHow ini akan memandu Anda dalam menginstal atau memperbarui ke Windows 10 di PC mana pun.

Bagian 1
Membuat Disk atau Drive Instalasi


1. Sambungkan USB flash drive kosong atau masukkan DVD tulis kosong. Anda dapat menginstal Windows 10 dengan membuat bootable USB flash drive atau DVD yang berisi file instalasi Windows 10. Anda akan memerlukan USB flash drive yang setidaknya 8GB, atau DVD kosong apa pun untuk memulai.

  • Jika Anda sudah memiliki Windows 10 terinstal di PC dan hanya ingin menginstal ulang, akan lebih mudah untuk menginstal ulang dari dalam Windows 10 daripada membuat media instalasi.
  • Jika Anda ingin meng-upgrade dari Windows 7 atau Windows 8.1, Anda tidak perlu membuat disk atau drive instalasi. Namun, Anda perlu mengikuti sebagian besar metode ini untuk memulai upgrade.

2. Pastikan Anda memiliki kunci produk. Jika Anda membeli Windows 10 melalui Microsoft menggunakan akun Microsoft Anda, kunci produk Anda sudah terhubung ke akun Anda. Jika Anda membeli Windows 10 dari pengecer lain, Anda akan memiliki kunci produk 25 karakter yang perlu Anda siapkan untuk mengaktifkan Windows.

  • Jika Anda tidak memiliki kunci produk atau Anda menginstal Windows 10 di hard drive baru, pastikan Anda telah menghubungkan lisensi digital Windows 10 Anda ke akun Microsoft Anda sebelum memulai instalasi. Buka Pengaturan > Pembaruan & Keamanan > Aktivasi dari instalasi saat ini—jika status aktivasi mengatakan Windows diaktifkan dengan lisensi digital, klik Tambahkan akun dan ikuti petunjuk di layar untuk menghubungkan akun Microsoft Anda.
  • Jika Anda meng-upgrade dari versi sebelumnya dan PC Anda memenuhi syarat untuk upgrade gratis, Anda tidak akan memerlukan kunci produk.

3. Buka https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10%20. Ini adalah situs unduhan resmi untuk Windows 10.


4. Klik Unduh alat sekarang. Ini adalah tombol biru di tengah halaman. Ini akan mengunduh Alat Pembuatan Media, yang akan Anda gunakan untuk membuat media instalasi Anda (atau memulai upgrade).



5. Klik ganda file yang diunduh. Namanya dimulai dengan "MediaCreationTool" dan diakhiri dengan ".exe." Anda akan menemukannya di folder unduhan default Anda, yang biasanya disebut Unduhan.

  • Klik Ya saat diminta untuk mengizinkan installer berjalan.

6. Klik Terima untuk menerima lisensi. Ini berada di sudut kanan bawah jendela.


7. Pilih "Buat media instalasi" dan klik OK. Pilihan ini memungkinkan Anda membuat disk atau drive instalasi Windows yang akan berfungsi pada PC yang kompatibel, bukan hanya yang Anda gunakan sekarang.

  • Jika Anda meng-update PC Anda dari versi sebelumnya Windows, pilih Upgrade PC ini sekarang, dan kemudian ikuti petunjuk di layar untuk menginstal Windows 10. Anda selesai!

8. Pilih preferensi Anda dan klik Berikutnya. Jika Anda menginstal Windows pada PC saat ini, Anda dapat mempertahankan opsi default. Jika Anda perlu menginstal di PC lain, pastikan Anda memilih bahasa dan edisi yang memiliki lisensi, dan pilih arsitektur (64-bit atau 32-bit) yang sesuai dengan PC yang akan Anda instal.

  • Jika Anda tidak yakin tentang arsitektur, Anda dapat memilih Keduanya dari menu.

9. Pilih jenis instalasi dan klik Berikutnya. File ISO adalah jenis file yang dapat dibakar ke DVD, jadi pilih opsi itu jika Anda berencana membuat DVD. Jika tidak, pilih opsi USB flash drive.

10. Buat media instalasi Anda. Langkah-langkahnya sedikit berbeda tergantung pada apa yang Anda lakukan:

  • Flash drive: Pilih flash drive Anda dari daftar, klik Berikutnya, dan tunggu file instalasi terinstal. Ketika proses selesai, klik Selesai.
  • DVD/ISO: Klik Simpan untuk menyimpan file ISO ke komputer Anda—proses ini mungkin memakan waktu karena file tersebut besar dan harus diunduh. Setelah diunduh, Anda akan melihat layar progres yang memantau unduhan. Ketika unduhan selesai, klik Buka Pemutar DVD pada layar "Bakar file ISO ke DVD", pilih pembakar DVD Anda, lalu klik Bakar untuk membuat DVD Anda.

Bagian 2
Mem-boot dari Media Instalasi Windows 10

1. Sambungkan media instalasi Windows 10 Anda. Jika Anda membuat flash drive, hubungkan ke PC di mana Anda ingin menginstal Windows 10. Jika Anda membuat DVD, masukkan ke dalam drive sekarang.


2. Boot PC ke BIOS. Jika PC Anda belum diatur untuk boot dari flash drive atau optical drive Anda, mem-boot dari media instalasi Anda tidak akan berhasil. Anda perlu melakukan perubahan cepat di BIOS Anda untuk mengubah urutan boot. Ada beberapa cara untuk masuk:[5]

  • Windows 8.1 atau 10: Dari Windows, buka Pengaturan, pilih Pembaruan & Pemulihan atau Pembaruan & Keamanan, dan buka Pemulihan > Restart sekarang > Perbaiki > Opsi Lanjutan > Pengaturan Firmware UEFI > Restart.
  • Semua PC: Boot ulang PC dan segera mulai menekan (berulang kali) tombol keyboard yang diperlukan oleh PC Anda untuk masuk ke "Setup," atau BIOS. Tombol bervariasi berdasarkan komputer, tetapi berikut beberapa tombol yang paling umum:

Acer dan Asus: F2 atau Del
Dell: F2 atau F12
HP: ESC atau F10
Lenovo: F1, F2, atau Fn + F2
Lenovo ThinkPads: Enter + F1.
MSI: DEL
Tablet Microsoft Surface: Tekan dan tahan tombol volume-up.
Samsung dan Toshiba: F2
Sony: F1, F2, atau F3

     

3.  Pergi ke tab Boot. Anda akan menggunakan tombol panah untuk memilihnya.

  • Tab Boot mungkin juga disebut Opsi Boot atau Urutan Boot, tergantung pada produsen komputer Anda.


4.  Pilih perangkat dari mana untuk boot. Anda memiliki beberapa pilihan di sini:

  • Untuk flash drive USB, pilih opsi Perangkat Dapat Dilepas.
  • Untuk instalasi dari disk, pilih CD-ROM Drive atau Optical Drive.


5.  Tekan tombol + sampai opsi boot Anda berada di urutan pertama. Begitu baik Perangkat Dapat Dilepas atau CD-ROM Drive berada di bagian atas daftar, komputer Anda akan memilih pilihan Anda sebagai opsi boot default.

  • Pada beberapa komputer, Anda akan menekan salah satu tombol fungsi (misalnya, F5 atau tombol panah untuk menavigasi opsi ke atas menu. Tombol akan terdaftar di sisi kanan layar.

6.  Simpan pengaturan Anda. Anda akan melihat petunjuk tombol (misalnya, F10 di bagian bawah layar yang berkaitan dengan "Simpan dan Keluar". Menekannya akan menyimpan pengaturan Anda dan me-restart komputer Anda.


7.  Tunggu komputer Anda untuk me-restart. Begitu komputer Anda selesai me-restart, Anda akan melihat jendela di sini dengan data geografis Anda. Anda sekarang siap untuk mulai mengatur instalasi Windows 10 Anda.

Bagian 3
Menginstal Windows 10

 
1. Klik Lanjutkan ketika diminta. Anda juga dapat mengubah opsi di halaman ini (misalnya, bahasa setup) sebelum melanjutkan jika perlu.


2. Klik Instal Sekarang. Ini berada di tengah jendela.


3. Masukkan kunci Windows 10 Anda, lalu klik Lanjutkan. Jika Anda tidak memiliki kunci Windows 10, klik Lewati di pojok kanan bawah layar.

  • Jika Anda sudah menginstal Windows 10 pada PC ini dan masuk dengan akun Microsoft Anda, kunci Anda seharusnya terhubung ke akun Anda. Ketika diminta, cukup masuk dengan akun Microsoft Anda dan Windows akan menemukan kunci Anda.
  • Jika Anda telah mengubah perangkat keras di PC, seperti mengganti motherboard, Anda dapat mengaktifkan Windows setelah menginstal dengan pergi ke Pengaturan > Pembaruan & Keamanan > Aktivasi > Perbaiki > Saya telah mengubah perangkat keras pada perangkat ini baru-baru ini. Masuk dengan akun Microsoft Anda ketika diminta, pilih Ini adalah perangkat yang saya gunakan sekarang, lalu klik Aktifkan.

4. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal Windows 10. Anda akan diminta untuk melakukan beberapa tugas, seperti menghubungkan ke Wi-Fi dan memilih beberapa preferensi. Setelah instalasi selesai, Anda akan memiliki instalasi Windows 10 yang baru dan segar.

  •  Jika Anda sedang meningkatkan dari versi Windows sebelumnya, Anda akan diminta apakah Anda ingin meningkatkan sistem operasi saat ini atau melakukan instalasi kustom. Jika Anda memilih Upgrade, Anda akan mempertahankan aplikasi dan file yang ada.


Tips:
Jika Anda tidak memasukkan kunci aktivasi Windows 10 saat diminta, Anda akan menerima uji coba gratis Windows 10. Setelah uji coba berakhir, Anda akan diminta untuk membeli dan memasukkan kunci aktivasi.

Post a Comment

0 Comments