Free YouTube Subscribers

Keuntungan dan Kerugian Domain Kata Kunci untuk SEO dan Branding

SEO - Search Engine Optimization

Baru-baru ini, John Mueller dari Google memberi saran bijak di Reddit tentang penggunaan nama domain berisi kata kunci untuk SEO dan branding. John Mueller adalah pakar SEO senior di Google yang sudah memiliki reputasi tinggi dan dihormati oleh banyak praktisi SEO di seluruh dunia. John Mueller juga seorang Search Advocate di Google yang sering memberikan saran dan panduan tentang optimasi mesin pencari (SEO) dan algoritma Google.

Diskusi dimulai saat seorang pengguna bertanya tentang kemungkinan manfaat SEO dari menggunakan domain seperti "swimsuits.com" untuk menjual pakaian renang. Mereka mencatat kata kunci ini mendapat lebih dari 10.000 pencarian per bulan di negara mereka.

Inti saran Mueller dalam diskusi tersebut: Hindari terlalu bergantung pada domain kata kunci untuk strategi jangka panjang. Meski bisa memberi keuntungan jangka pendek, domain kata kunci bisa membatasi kemampuan merek untuk menyasar kata kunci lain dari waktu ke waktu. 

Perlunya Fleksibilitas dan Branding Kuat

Saran Mueller menyoroti pentingnya membangun pengakuan merek omnichannel dalam situasi pemasaran digital saat ini yang selalu berubah. Maksud pengakuan merek omnichannel adalah membangun pengenalan dan visibilitas merek di semua saluran digital yang relevan, termasuk mesin pencari, media sosial, email, marketplace, dan lainnya. Ini penting agar terlihat maksimal di sepanjang perjalanan pelanggan. Branding kuat membuat bisnis lebih dikenal di mesin pencari, media sosial, email, dan saluran lainnya.

Alih-alih cuma fokus pada kata kunci tertentu, merek harus mengutamakan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi. Nama domain berbasis merek lebih fleksibel daripada yang terikat pada satu kata kunci.

“A keyword domain name is not going to give you any recognizable SEO advantage on Google.”

Screenshot from r/SEO, December 2023

Seperti yang Mueller katakan, domain berisi kata kunci bisa membatasi kemampuan situs web untuk menyasar beragam kata kunci yang relevan. Juga bisa menghambat perluasan produk dan layanan dari waktu ke waktu. 

Kesimpulan tentang Domain Kata Kunci untuk SEO

Jadi apakah domain kata kunci sama sekali tidak berguna untuk SEO? Tidak juga. Mueller mengakui bisa memberi keuntungan visibilitas jangka pendek untuk kata kunci tertentu.

Namun untuk strategi jangka panjang, branding kuat dan konten berkualitas lebih penting daripada domain yang dioptimalkan untuk satu kata kunci. Karena SEO terus berkembang, fleksibilitas dan otoritas akan lebih utama dibanding target kata kunci dalam nama domain. 

Saran Mueller adalah mendorong merek untuk berpikir holistik. Berpikir holistik disini adalah cara berpikir yang mempertimbangkan sesuatu sebagai satu kesatuan yang utuh, bukan hanya sebagai kumpulan bagian-bagian yang terpisah.

Dalam konteks artikel ini, berpikir holistik berarti:

  • Memandang strategi SEO dan branding secara menyeluruh, bukan hanya fokus pada satu aspek saja seperti kata kunci domain.
  • Melihat semua saluran dan sentuhan titik interaksi dengan pelanggan (mesin pencari, media sosial, email, dll) sebagai satu kesatuan strategi pemasaran, bukan terpisah-pisah.
  • Membangun citra dan positioning merek secara komprehensif di semua saluran, bukan hanya di mesin pencari saja.

Jadi intinya berpikir holistik adalah memandang marketing strategy secara luas dan terintegrasi, bukan terfokus sempit hanya pada satu taktik seperti SEO keywords. Ini penting untuk branding dan kesuksesan bisnis jangka panjang. Meski domain kata kunci punya beberapa manfaat SEO, lebih baik fokus pada branding di semua saluran untuk strategi jangka panjang.


Post a Comment

0 Comments