Free YouTube Subscribers

Sejarah Kode Sumber/Source Code

Sejarah source code
Sejarah source code

Menentukan awal sejarah kode sumber adalah latihan yang subjektif dan sulit. Perangkat lunak pertama ditulis dalam kode biner pada tahun 1940-an. Jadi, tergantung pada sudut pandang seseorang, program-program tersebut mungkin menjadi contoh awal dari kode sumber.

Salah satu contoh awal dari kode sumber seperti yang kita kenal saat ini ditulis oleh Tom Kilburn, seorang pionir awal dalam ilmu komputer. Kilburn menciptakan program digital pertama yang berhasil disimpan secara elektronik di memori komputer pada tahun 1948. Perangkat lunak tersebut memecahkan persamaan matematika.

Tom Kilburn's highest factor routine
Tom Kilburn's highest factor routine

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, kode sumber sering disediakan secara gratis dengan perangkat lunak oleh perusahaan yang membuat program-program tersebut. Seiring dengan berkembangnya perusahaan komputer, penggunaan perangkat lunak, kode sumber menjadi semakin banyak dan dicari. Majalah-majalah komputasi sebelum era internet sering mencetak kode sumber di halaman-halaman mereka, dengan pembaca harus mengetik ulang kode tersebut karakter demi karakter untuk penggunaan mereka sendiri. Kemudian, disket menurunkan harga untuk berbagi kode sumber secara elektronik, dan kemudian internet lebih jauh menghilangkan hambatan-hambatan ini.


Post a Comment

0 Comments