Free YouTube Subscribers

Merangkum Presentasi PowerPoint dengan Mudah: 5 Alat AI yang Bisa Kamu Coba


Gak gampang nih kalau harus nentuin gimana caranya merangkum presentasi PowerPoint, tapi untungnya sekarang ada AI dan ChatGPT yang bikin hidup kita jadi lebih mudah. ChatGPT udah bisa bikin ringkasan untuk topik yang kita tahu, tapi gimana kalau kita butuh ringkasan buat presentasi PowerPoint? Nah, di sinilah kemampuan untuk ekstrak info dan merangkum presentasi yang panjang dan ribet jadi ringkasan yang gampang dicerna bener-bener berguna.

Ini ada beberapa contoh penggunaannya:

  • Buat Pelajar: Gampang banget buat merangkum presentasi PowerPoint dari kuliah. Biar lebih efisien saat revisi dan persiapan ujian.
  • Buat Peneliti: Peneliti bisa nge-rangkum poin-poin penting dari presentasi yang rumit cuma dengan beberapa klik.
  • Buat Konsultan: Konsultan bisa dapetin ringkasan eksekutif dari presentasi atau proposal klien yang panjang. Atau malah lebih oke lagi, bayangin kalau kamu udah siapin presentasi dan lupa presentasi mana yang isinya proposal tertentu.
  • Buat Profesional Bisnis: Profesional bisa dengan mudah merangkum slide konferensi.
Ini baru beberapa contohnya, daftarnya terus bertambah terus. AI dan ChatGPT beneran udah bikin proses meringkas konten dan presentasi jadi gampang diakses banget. Nah, di blog kali ini, kita bakal bahas 5 alat AI yang bisa bantu merangkum presentasi PowerPoint dengan mudah.


1. SlideSpeak.co: Merangkum Slide PowerPoint dengan ChatGPT


    SlideSpeak.co ini alat baru yang diciptain buat revolusiin cara kita merangkum presentasi PowerPoint. Dibangun di atas kerangka kerja Llama Index buatan Jerry Liu, alat ini pakai kekuatan ChatGPT. Karena didukung langsung oleh ChatGPT, kualitas hasil rangkasannya bisa diandelin banget. Prosesnya cepet banget setelah kamu upload file PowerPoint-nya. Pertanyaan dijawab kayak lagi chat sama ChatGPT.



    Yang unik dari SlideSpeak adalah kemampuannya untuk analisis gambar dalam presentasi PowerPoint. Jadi, bisa masukin info relevan dari visual ke dalam ringkasan, memberi pemahaman yang lengkap tentang kontennya.

    Alat ini open source, jadi kamu bisa lihat kodenya di [sini]. Sekarang masih gratis digunakan, SlideSpeak jadi pilihan bagus buat yang pengen merangkum presentasi PowerPoint tanpa bikin kantong bolong.


2. ChatGPT: Salin & Tempel Konten PowerPoint Kamu

    ChatGPT, dengan kemampuannya menerjemah dan merangkum teks, bisa jadi alat yang berguna banget buat merangkum presentasi PowerPoint. Sekarang, ChatGPT bisa nge-support upload dokumen PDF, PowerPoint, dan Word. Tapi fitur ini cuma ada di ChatGPT Plus. Kalau mau merangkum presentasi pakai versi gratis, kamu harus nyalin teks dari setiap slide dan tempelkan ke obrolan ChatGPT langsung. Pastiin semua teks yang relevan, kayak poin-poin, keterangan, dan penjelasan paragraf, dimasukin ya. Biar ringkasannya dapetin semua informasi penting.


    Pas lagi tempel kontennya, bisa kasih instruksi ke ChatGPT buat merangkum teks yang udah ditempel. Beri perintah yang spesifik, misalnya 
"Rangkumlah konten di atas dari presentasi PowerPoint dalam 200 kata" 
atau 
"Berikan ringkasan poin untuk teks yang disediakan dari file PowerPoint."

    Ini prosesnya agak manual karena harus nyalin dan tempel kontennya, tapi kamu bisa yakin ChatGPT bakal ngasih hasil yang akurat. ChatGPT itu model bahasa canggih yang bisa efektif bikin ringkasan untuk sebagian besar konten, termasuk presentasi PowerPoint. Cuma perlu sedikit usaha lebih dibandingin dengan metode SlideSpeak.


Berikut langkah-langkahnya:

Untuk Pengguna ChatGPT Gratis:
  • Langkah 1: Buka file PowerPoint kamu, salin teks dari setiap slide, dan tempelkan ke antarmuka ChatGPT.
  • Pilihan alternatif: Pake konverter kayak PowerPoint ke TXT di [sini].
  • Langkah 2: Salin semua teks ke ChatGPT.
  • Langkah 3: Di akhir input tambahkan prompt kayak "Rangkum konten di atas dari presentasi PowerPoint untuk saya dalam 2 paragraf atau lebih."
Untuk Pengguna ChatGPT Plus:

  • Langkah 3: Minta ChatGPT buat merangkum presentasi buat kamu.


3. Microsoft Copilot: Asisten AI dari Microsoft

    Microsoft, emang bisa apa ya? Sejak ada ChatGPT, Microsoft udah dianggep kayak bintang rock di dunia teknologi. Dukungan mereka di OpenAI dan ChatGPT bener-bener beda dari Google dan Apple. Produk Microsoft kayak Word, Excel, dan PowerPoint tetap jadi yang paling populer dengan selisih yang jauh.

    Jadi gak heran waktu Microsoft umumin Microsoft Copilot beberapa bulan lalu. Microsoft Copilot ini dibuat buat bantu buat bikin dokumen Word dan presentasi PowerPoint pake perintah AI yang simpel.

    Microsoft 365 Copilot, asisten kerja berbasis AI ini pake kecerdasan buat ubah input jadi hasil yang produktif. Langsung terintegrasi sama aplikasi Microsoft 365 kayak Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Teams, dan lainnya buat tingkatin produktivitas. Ini juga punya fitur baru, Business Chat, yang pake data kamu, termasuk kalender, email, obrolan, dokumen, rapat, dan kontak, buat ngelakuin tugas berdasarkan perintah bahasa alami. Misalnya, kamu bisa ngasih perintah Copilot buat ngasih tau tim kamu tentang update strategi produk, dan Copilot bakal ngasih status update pake info dari meeting, email, dan obrolan kamu belakangan. Kamu sebagai pengguna tetap punya kontrol penuh buat nentuin apa yang mau kamu pertahankan, modifikasi, atau buang.

    Meskipun belum bisa bikin ringkasan presentasi PowerPoint, gak sulit buat bayangin kalau fungsionalitas ini bakal ditambahin di masa depan. Buat sekarang, kamu bisa pake Copilot buat ngasih instruksi kayak "Tambahkan slide dengan pro dan kontra tentang dampak lingkungan yang dibahas di Slide 3." Jadi kamu bisa dapetin konten baru dengan mudah.

    Kemampuan Copilot Microsoft sekarang dan sejarah Microsoft yang konsisten meningkatin produk mereka nunjukin bahwa Copilot bakal berkembang jadi alat serba guna, menggabungin generasi ringkasan di masa depan.


4. Alat Ringkas PDF: PDF.ai dan BrainyPDF.com


    Pendekatan lain buat dapetin ringkasan buat presentasi PowerPoint melibatkan ngonversi presentasi PowerPoint ke PDF dan baru pake alat ringkas PDF. PDF.ai dan BrainyPDF.com adalah dua alat yang bisa bantu buat ini.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, kamu perlu ngesave file PowerPoint kamu jadi PDF. Buat ngelakuin ini, ikutin langkah-langkah berikut:
  • Langkah 1: Buka presentasi PowerPoint kamu.
  • Langkah 2: Klik tab "File" di pojok kiri atas jendela PowerPoint.
  • Langkah 3: Dari menu drop-down, klik "Save As".
  • Langkah 4: Di kotak dialog yang muncul, pilih tempat kamu mau nyimpen file.
  • Langkah 5: Di drop-down box "Save as type", pilih "PDF (*.pdf)".
  • Langkah 6: Upload file PDF ke PDF.ai atau BrainyPDF.com.
Pake fitur alat ringkas yang kamu pilih buat dapetin ringkasan singkat.

    Meskipun metodenya melibatkan beberapa langkah buat ngonversi tipe file, ini membuka kesempatan buat pake berbagai alat khusus PDF yang bisa dipake buat dapetin ringkasan yang efektif.

Kesimpulannya, walaupun ada beberapa cara buat dapetin ringkasan presentasi PowerPoint, SlideSpeak.co unggul karena antarmukanya yang intuitif dan analisis AI yang menyeluruh. Buat kamu yang pelajar, peneliti, atau profesional bisnis, merangkum presentasi PowerPoint dengan AI itu cara yang efisien dan efektif buat nyerap info dengan cepat. Manfaatin kekuatan AI buat merangkum presentasi PowerPoint dan ubah informasi berlebih jadi wawasan yang bisa dikelola.

Post a Comment

0 Comments