Free YouTube Subscribers

Mengupas Sejarah MOBA: Mobile Legends, Game Paling "Kece" yang Gak Boleh Dilewatkan!

Mobile Legends: Bang Bang
Mobile Legends: Bang Bang

Para gamers sekalian, siaapa lagi nih yang suka main game MOBA? Pasti udah gak asing lagi dong sama yang namanya Mobile Legends? Yap, si game yang bikin kita sibuk push rank, seru-seruan bareng tim, dan pastinya bikin darah naik karena battle yang gak kenal kata ampun. Tapi, siapa yang tau sejarah di balik MOBA dan gimana sih peran Mobile Legends dalam bikin kita baper?

  • Awal Mula MOBA
League of Legends and Dota 2
Dota 2 and League of Legends

Jadi gini, MOBA bukan lahir begitu aja, bro-sis. Awalnya ada mod Warcraft III namanya Defense of the Ancients (DotA) yang digarap sama para pemain komunitas. Nah, dari situlah lahirnya genre MOBA yang ngegabungin strategi real-time dan pertarungan tim yang seru abis. Dalam MOBA, kita harus berkoordinasi dengan tim, pilih karakter dengan bijak, dan punya pemahaman mendalam tentang strategi permainan.

  • Puncak MOBA: League of Legends dan Dota 2

Sebelum ada Mobile Legends, dua game yang bener-bener ngegas di panggung MOBA adalah League of Legends (LoL) dan Dota 2. LoL yang rilis tahun 2009 oleh Riot Games bawa inovasi baru ke genre ini, dan Dota 2, sebagai sequel DotA, juga bikin heboh dengan turnamen besar dan komunitas yang keren abis. Kedua game ini bener-bener nunjukin kalau MOBA bukan cuma game biasa, tapi jadi fenomena global yang bikin budaya dan ekosistem esports mekar.

  • Kemunculan Mobile Legends

Trus, masuk deh Mobile Legends: Bang Bang, yang dikembangkan oleh Moonton. Muncul tahun 2016, game ini jawaban buat gamers mobile yang pengen ngerasain serunya MOBA di genggaman. Grafisnya cakep, kontrolnya enak dipake, dan durasi permainannya yang nggak bikin bosen, langsung bikin Mobile Legends jadi the next big thing. Game ini bawa nuansa baru ke genre dengan pengalaman bermain yang lebih gampang diakses tanpa ninggalin kompleksitas strategi. Ada karakter-karakter keren, item yang bisa di-upgrade, dan pertarungan yang bikin jantung deg-degan.

  • Sukses Global dan Esports

Mobile Legends enggak cuma bikin gamers kangen, tapi juga ngebentuk ekosistem esports yang gede banget. Turnamen Mobile Legends di seluruh dunia jadi sorotan dan jadi ajang keren buat gamers buat tunjukin skill. Game ini enggak cuma laku di kalangan pemain, tapi juga dapat pengakuan internasional. Kesuksesan Mobile Legends enggak cuma dalam negeri, tapi udah jadi salah satu pemimpin dalam game mobile di dunia.

  • Kesimpulan

Sebagai gamers, kita lihat aja deh, MOBA dan Mobile Legends udah jadi pusat perhatian di dunia game. Dengan sejarah yang gak kalah seru dari gameplay-nya, Mobile Legends berhasil bawa daya tarik MOBA ke gamers mobile. Jadi, gak heran kalau game ini tetap jadi favorit di hati gamers dari berbagai kalangan.

  • Catatan Tambahan:

Mobile Legends: Bang Bang, atau yang sering kita singkat jadi Mobile Legends atau MLBB, dikembangkan oleh Moonton, perusahaan game asal Tiongkok. Pendiri dan CEO-nya, Justin Yuan, yang jadi sosok kunci di balik pengembangan Mobile Legends. 

Justin Yuan, berdiri berada di tengah, saat konferensi Epicon 2019. ByteDance mengakuisisi Moonton seharga US$4 miliar dalam upaya untuk memperkuat penawaran permainannya di Asia Tenggara dan bersaing dengan Tencent.
Foto: Mobile Legends Japan/Twitter.

Dirilis pertama kali tahun 2016, game ini langsung jadi hits di kalangan gamers mobile di seluruh dunia. Gak cuma jadi sukses secara komersial, tapi juga bikin komunitas besar dan jadi bintang di kompetisi esports mobile. Nih, beberapa negara yang punya komunitas gamers Mobile Legends gede banget, kayak Indonesia, Filipina, Malaysia, Brasil, dan India. Tapi ya, info ini bisa berubah tergantung perkembangan industri game.

Post a Comment

0 Comments