Free YouTube Subscribers

14 Alternatif Search Engine Terbaik Selain Google

Google telah menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan selama 20 tahun terakhir ini. Mulai dari pencarian sehari-hari, riset produk, hingga tetap update dengan berita terbaru, semuanya sering dilakukan lewat Google.

Search Engine

Dengan dominasi yang telah berlangsung lama dan mayoritas pangsa pasar, sulit untuk membantah bahwa ada mesin pencari lain yang mampu memberikan hasil yang lebih baik daripada Google.

Karena dominasi pasar ini, Google juga menjadi fokus utama bagi para profesional SEO dan pemasaran.

Namun, sejak diperkenalkannya ChatGPT, para pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, mulai memperhatikan OpenAI dan potensinya untuk merevolusi pencarian.

Meskipun telah mengembangkan kecerdasan buatan (AI) selama bertahun-tahun, belum diketahui apakah Google bisa mengalahkan saingan utamanya di AS, Bing, dalam menghadirkan chatbot AI ke pasar.

Meskipun Bing adalah mesin pencari utama pertama yang membawa ke pasar AI, dominasi mesin pencari Google memberikan keunggulan besar baginya.

Beberapa tahun ke depan dalam pengembangan mesin pencari pasti akan menarik untuk diikuti.

Tidak peduli apa yang terjadi, masih ada beberapa mesin pencari khusus yang menawarkan pengalaman pencarian yang lebih unggul daripada Google – dan penting untuk mengetahui apa saja yang ada di luar sana.

Berikut adalah beberapa mesin pencari alternatif terbaik yang bisa kamu coba.

Mesin Pencari Berbasis AI

1. You.com

You
You.com

You.com adalah mesin pencari berbasis AI yang didirikan oleh Richard Socher, seorang peneliti pemrosesan bahasa alami (NLP) yang terkemuka dan mantan ilmuwan kepala Salesforce.

Situs ini beroperasi dalam dua mode: mode personal dan mode privat.

Di mode personal, pengguna dapat mengonfigurasi preferensi sumber mereka. Sementara di mode privat, mereka menikmati pengalaman yang benar-benar tidak bisa dilacak; tidak ada data telemetri yang direkam.

Perusahaan ini juga menawarkan YouCode, asisten pemrograman berbasis AI, dan YouWrite, asisten penulisan berbasis AI.

Platform pencarian terbuka mendorong pengembang untuk membangun aplikasi dan berkontribusi pada internet yang lebih terbuka dan kolaboratif.

Mesin Pencari Bebas Hak Cipta (Open Source)

2. Openverse

Openverse
Openverse.org

Openverse seharusnya menjadi pilihan pertamamu dalam mencari hampir semua jenis konten bebas hak cipta.

Mesin pencari ini sempurna jika kamu membutuhkan musik untuk video, gambar untuk pos blog, atau apa pun tanpa perlu khawatir tentang kemarahan para seniman karena mengambil karya mereka.

Mesin Pencari Umum

Mesin pencari umum adalah alternatif Google yang berhasil mempertahankan pangsa pasar yang cukup besar selama beberapa tahun terakhir.

Mereka juga mungkin berada dalam posisi terbaik untuk mendapatkan kembali pangsa pasar yang hilang untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun - namun hanya jika mereka memainkan kartu AI lebih baik daripada Google.

3. Bing.com

Bing
Bing.com

Pada Januari 2022, situs Microsoft menangani seperempat dari semua kueri pencarian di Amerika Serikat.

Seseorang bisa berpendapat bahwa Bing lebih unggul daripada Google dalam beberapa hal.

Pertama-tama, Bing memiliki program imbalan yang memungkinkan seseorang mengumpulkan poin saat mencari. Poin-poin ini bisa ditukarkan di Microsoft dan Windows Store, yang merupakan keuntungan bagus.

Menurut pandangan saya, API pencarian visual Bing lebih unggul daripada pesaingnya dan jauh lebih intuitif.

Bing membawa pengalaman pengguna yang sama bersihnya ke video, menjadikannya sumber utama untuk pencarian video tanpa kecenderungan YouTube.

Pada 7 Februari 2023, Bing mengumumkan versi mesin pencari dan peramban Edge yang sepenuhnya baru dan berbasis AI. Tujuan yang disebutkan adalah "menghadirkan pencarian yang lebih baik, jawaban yang lebih lengkap, pengalaman obrolan baru, dan kemampuan untuk menghasilkan konten."

Menurut Satya Nadella, chairman dan CEO Microsoft, ada 5 miliar kueri pencarian sehari yang tidak terjawab. Bing berusaha untuk mengisi kekosongan tersebut.

4. Yahoo.com

Yahoo
Yahoo.com

Pada Januari 2022, Yahoo.com (Verizon Media) memiliki pangsa pasar pencarian sebesar 11,2%.

Kelebihan Yahoo terletak pada diversifikasi dengan menawarkan layanan seperti surel, berita, keuangan, dan lainnya selain pencarian.

Yahoo telah berinovasi dan berkembang selama lebih dari dua dekade.

Mesin Pencari yang Fokus pada Privasi

Privasi menjadi isu yang semakin penting di antara pengguna internet.

Mesin pencari yang berfokus pada privasi memberikan prioritas pada privasi pengguna, dan daya tariknya adalah bahwa mereka tidak melacak aktivitas pengguna atau mengumpulkan data pribadi.

Beberapa yang paling populer antara lain:

5. DuckDuckGo

Duckduckgo
Duckduckgo.com

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang juga bisa masuk ke kategori mainstream, tetapi fitur "jualan utamanya" adalah bahwa mesin ini tidak mengumpulkan atau menyimpan informasi pribadi Anda.

Artinya, Anda dapat menjalankan pencarian dengan tenang tanpa harus khawatir ada yang memata-matai Anda lewat layar komputer.

DuckDuckGo Lite adalah versi mobile-nya.

6. Startpage

Startpage
Startpage

Startpage menampilkan hasil dari Google.

Ini adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang lebih suka hasil pencarian Google tetapi tidak tertarik pada pelacakan dan penyimpanan riwayat pencarian mereka.

Ini juga termasuk pembuat URL, layanan proxy, dan dukungan HTTPS.

Pembuat URL ini sangat berguna karena menghilangkan kebutuhan untuk mengumpulkan cookie. Sebaliknya, itu mengingat pengaturan Anda dengan cara yang mendukung privasi.

7. Swisscows

Swisscows
Swisscows

Swisscows adalah pilihan unik dalam daftar ini, menyebut dirinya sebagai mesin pencari semantik yang ramah keluarga.

Ini juga bangga pada menghormati privasi pengguna, tidak pernah mengumpulkan, menyimpan, atau melacak data.

Menggunakan kecerdasan buatan untuk menentukan konteks pertanyaan pengguna.

Dari waktu ke waktu, Swisscows berjanji akan menjawab pertanyaan Anda dengan akurasi yang mengejutkan.

8. Gibiru

Gibiru
Gibiru.com

Menurut situs webnya, Gibiru memiliki "Pencarian Pribadi Tanpa Sensor" tanpa retargeting dan tanpa menjual data pribadi.

Mereka mengklaim hasil pencarian mereka berasal dari algoritma Google yang dimodifikasi, sehingga pengguna dapat menanyakan informasi yang mereka cari tanpa perlu khawatir tentang aktivitas pelacakan Google.

Karena Gibiru tidak menginstal cookie pelacakan di komputer Anda, mereka mengklaim bahwa mesin pencarinya lebih cepat daripada "Mesin Pencarian NSA (National Security Agency)."

Mesin Pencari Berbasis Pengetahuan

9. Wiki.com

Wiki
Wiki.com

Wiki.com mengambil hasilnya dari ribuan wiki di internet.

Ini adalah mesin pencari yang sempurna bagi mereka yang menghargai informasi yang dipimpin oleh komunitas, seperti yang ditemukan di situs seperti Wikipedia.

10. Wayback Machine

Wayback Machine
Archive.org

Arsip Internet, yang dikenal sebagai Wayback Machine, bagus untuk meneliti situs web lama, tetapi jauh lebih dari itu.

Seperti namanya, mesin pencari ini mengakses koleksi dokumen yang sangat besar, termasuk jutaan video gratis, buku, musik, dan perangkat lunak.

Pada dasarnya, Arsip Internet adalah perpustakaan online besar di mana Anda dapat mengakses hampir semua yang bisa Anda bayangkan.

Mesin Pencari Internasional

Mesin pencari internasional mengakomodasi daerah tertentu dan memberikan hasil berdasarkan bahasa dan budaya lokal.

Beberapa mesin pencari internasional populer antara lain:

11. Baidu

Baidu
Baidu.com

Baidu adalah mesin pencari terbesar di Tiongkok dan memiliki pangsa pasar 65%.

Seperti Google, Baidu menawarkan berbagai layanan termasuk peta, musik, video, dan toko aplikasi.

Baidu juga memiliki browser mobile dan aplikasi mobile.

12. Yandex

Yandex
Yandex.com

Yandex digunakan oleh lebih dari 54% pengguna internet Rusia. Juga digunakan di Belarus, Kazakhstan, Turki, dan Ukraina.

Yandex adalah mesin pencari yang mudah digunakan secara keseluruhan.

Sebagai bonus, mereka menawarkan sejumlah alat yang cukup keren.

Mereka mengalami kebocoran data pada Januari 2023, meninggalkan banyak spekulasi tentang relevansi informasi yang terungkap.

13. Sogou

Sogou
Sogou.com

Sogou adalah mesin pencari Tiongkok yang semakin populer.

Sogou Search adalah mesin pencari interaktif, mendukung pencarian artikel, terjemahan bahasa Inggris, dan lainnya.

Mereka bangga memberikan pengguna pencarian profesional, akurat, dan nyaman melalui algoritma kecerdasan buatan yang dikembangkan sendiri.

14. Naver

Naver
Naver.com

Naver adalah mesin pencari terbesar di Korea Selatan, menawarkan berbagai layanan termasuk blog, berita, musik, dan belanja.

Mereka juga memiliki aplikasi mobile untuk mencari saat bepergian.

Naver adalah pilihan bagus bagi mereka yang mencari mesin pencari yang disesuaikan dengan pasar Korea.

Kesimpulan

Google mungkin menjadi pilihan paling populer dalam mesin pencari, tetapi mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik, tergantung pada kebutuhan dan prioritasmu.

Mesin pencari alternatif dapat menawarkan berbagai manfaat, termasuk pengalaman pencarian yang lebih baik dan tingkat privasi yang lebih tinggi.

Perlu diingat bahwa dampak kecerdasan buatan pada pencarian masih banyak yang belum diketahui dan dapat berdampak signifikan pada akurasi dan relevansi hasil pencarian di masa depan.

Post a Comment

0 Comments