Free YouTube Subscribers

Cubic: Alat-Software untuk Kustomisasi ISO Linux Ubuntu

Sub-judul: Cubic (Custom Ubuntu ISO Creator, software Ubuntu untuk membuat varian Ubuntu sendiri.

Cubic, Alat Untuk Kustomisasi ISO Ubuntu
Cubic, Alat Untuk Kustomisasi ISO Ubuntu

Cubic adalah sebuah perangkat lunak yang memberikan kemampuan kepada pengguna (user) untuk menyesuaikan instalasi Ubuntu dan membuat ISO kustom Ubuntu sesuai dengan kebutuhan individu atau organisasi. Dengan menggunakan Cubic, pengguna dapat membuat distribusi Ubuntu yang telah dimodifikasi dengan paket perangkat lunak tambahan, konfigurasi spesifik, dan fitur khusus lainnya sebelum membuat ulang ISO yang telah dimodifikasi tersebut.

Cubic bukanlah sebuah distribusi Ubuntu, melainkan sebuah alat (tool) yang digunakan untuk membuat ISO Ubuntu kustom sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, Cubic sendiri bukanlah distribusi Linux yang mandiri, melainkan merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan instalasi Ubuntu dan membuat ISO kustom dari distribusi Ubuntu yang telah ada.

Pengguna dapat menggunakan Cubic pada berbagai distribusi Ubuntu yang sudah ada, seperti Ubuntu Desktop, Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, EduBuntu dan distribusi Ubuntu lainnya. Cubic memungkinkan pengguna untuk melakukan penyesuaian dan memodifikasi pada distribusi Ubuntu tersebut sesuai kebutuhan, termasuk instalasi paket perangkat lunak tambahan, konfigurasi sistem, dan penambahan berkas atau script khusus sebelum membuat ulang ISO yang telah dimodifikasi.

Fitur Utama Cubic:

1. Antarmuka Grafis yang Mudah Digunakan:

  • Cubic menyediakan antarmuka grafis yang user-friendly, memudahkan pengguna untuk membuat perubahan pada distribusi Ubuntu tanpa perlu menggunakan perintah terminal secara langsung.


2. Penyesuaian Distribusi Ubuntu:

  • Pengguna dapat menyesuaikan distribusi Ubuntu dengan menambahkan atau menghapus paket perangkat lunak, mengatur konfigurasi sistem, dan membuat perubahan lain sesuai kebutuhan.


3. Modifikasi sebelum Membuat ISO:

  • Sebelum membuat ulang ISO, pengguna dapat membuat perubahan, menguji fungsionalitas, dan melihat pratinjau dari distribusi yang telah dimodifikasi menggunakan Cubic.


4. Memungkinkan Penambahan Berkas Khusus:

  • Cubic memungkinkan pengguna/pembuat untuk menambahkan skrip (script), berkas konfigurasi, wallpaper, atau berkas kustom lainnya yang ingin disertakan dalam distribusi Ubuntu yang telah dimodifikasi.


5. Kemudahan Penggunaan untuk Pengembang dan Pengguna Umum:

  • Baik untuk pengembang perangkat lunak yang memerlukan lingkungan pengujian khusus maupun pengguna umum yang ingin menciptakan distribusi Ubuntu sesuai dengan kebutuhan pribadi atau bisnis.


Penggunaan Cubic:

1. Pengembangan Distribusi Khusus:

  • Pengembang dapat menggunakan Cubic untuk membuat distribusi Ubuntu khusus yang memuat paket perangkat lunak tertentu atau konfigurasi yang diperlukan dalam pengembangan produk mereka.


2. Pengujian dan Debugging Perangkat Lunak:

  • Cubic bisa digunakan untuk menciptakan lingkungan pengujian khusus bagi pengembang perangkat lunak yang ingin memastikan kompatibilitas dan kestabilan perangkat lunak mereka.


3. Pembuatan Distribusi Ubuntu Pendidikan:

  • Institusi pendidikan dapat memanfaatkan Cubic untuk menciptakan distribusi Ubuntu yang sudah dioptimalkan untuk keperluan pendidikan, dengan aplikasi dan alat bantu pembelajaran yang relevan.


4. Kustomisasi untuk Kebutuhan Bisnis:

  • Perusahaan dapat menggunakan Cubic untuk menciptakan distribusi Ubuntu khusus yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, termasuk pengaturan dan konfigurasi khusus.


Cubic memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses dan mengelola instalasi Ubuntu secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, alat ini memberikan kontrol penuh kepada pengguna untuk membuat distribusi Ubuntu sesuai dengan preferensi dan keperluan spesifik. 

Official Web Cubic di sini: link Github

Post a Comment

0 Comments